Selena Gomez mengungkapkan transplantasi ginjal yang menyelamatkan jiwa untuk meningkatkan kesadaran Lupus

Aktris dan penyanyi Selena Gomez mengungkapkan dalam sebuah posting di Instagram bahwa ia menerima transplantasi ginjal untuk lupus pada Juni.

Dalam posting itu, dia mengungkapkan bahwa ginjalnya disumbangkan oleh teman baiknya, aktris Francia Raisa, menulis:

“Dia memberiku hadiah dan pengorbanan terakhir dengan menyumbangkan ginjalnya. Saya sangat diberkati. Aku sangat mencintaimu sis.

Sebelumnya, pada bulan Agustus 2016, Gomez telah membatalkan tanggal tur yang tersisa ketika komplikasi dari lupusnya membuatnya lebih cemas dan depresi. “Itu yang harus saya lakukan untuk kesehatan saya secara keseluruhan,” tulisnya di posting baru. “Aku sejujurnya berharap untuk berbagi denganmu, segera perjalananku melalui bulan-bulan terakhir ini, seperti yang selalu ingin kulakukan denganmu.”

Di Twitter, teman dan penggemar sama-sama memuji Gomez karena terbuka tentang kondisinya. Lupus dianggap sebagai “penyakit tak terlihat” oleh banyak orang karena gejalanya yang sering tersembunyi dan betapa sulitnya mendiagnosis.

Gomez adalah salah satu dari banyak selebriti yang telah muncul dalam beberapa tahun terakhir hidup dengan penyakit yang tak terlihat, termasuk penyanyi lupus dan penyintas Toni Braxton dan Kelle Bryan. Dan hanya beberapa hari sebelum pengumuman transplantasi Gomez, Lady Gaga membuat gerakan heran ketika dia mengumumkan di Twitter bahwa dia hidup dengan fibromyalgia, penyakit lain yang tak terlihat.

Apa itu lupus?

Lupus adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan. Ini adalah kondisi sulit bagi dokter untuk mendiagnosis dan memiliki berbagai gejala yang mempengaruhi orang dengan tingkat keparahan berbeda. Ada beberapa jenis lupus, termasuk systemic lupus erythematosus (SLE), jenis yang paling umum.

SLE dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menargetkan ginjal, terutama bagian yang menyaring darah dan produk limbah.

Lupus nephritis umumnya dimulai selama lima tahun pertama kehidupan dengan lupus. Ini adalah salah satu komplikasi paling serius dari penyakit ini. Ketika ginjal Anda terkena, itu juga dapat menyebabkan rasa sakit lainnya. Ini adalah gejala yang mungkin dialami Selena Gómez selama perjalanannya dengan lupus:

  • Pembengkakan di tungkai bawah dan kaki.
  • tekanan darah tinggi
  • darah dalam urin
  • urin yang lebih gelap
  • Harus buang air kecil lebih sering di malam hari
  • rasa sakit di sisi Anda

Lupus nephritis tidak memiliki obat. Perawatan adalah untuk mengontrol kondisi untuk mencegah kerusakan ginjal yang tidak dapat diperbaiki. Jika ada kerusakan yang luas, orang tersebut akan membutuhkan cuci darah atau transplantasi ginjal. Sekitar 10.000 hingga 15.000 orang Amerika menerima transplantasi setiap tahun.

Dalam posnya, Gomez mendesak pengikutnya untuk melakukan bagian mereka untuk meningkatkan kesadaran tentang lupus dan untuk mengunjungi dan mendukung Aliansi Penelitian Lupus, menambahkan: “Lupus masih sangat kurang dipahami, tetapi kemajuan sedang dibuat.” .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!